Tips Rambut Sehat Berkilau dengan Air Kelapa

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kelapa memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat sejak zaman dahulu, mulai buah, kulit luar, serabut, hingga bagian tanaman kelapa kaya akan manfaat. Selain itu, kelapa juga mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia.

Buah kelapa sering digunakan sebagai pelepas dahaga yang menyegarkan tubuh. Nah di balik kesegarannya itu, ternyata buah ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat kelapa dimulai dari memperlancar metabolisme tubuh dan juga sistem pencernaan, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga digunakan dalam perawatan kecantikan wanita.

Oleh karenanya tidak ada salahnya kita mencoba khasiat buah satu ini khususnya untuk kecantikan.

Kandungan Nutrisi Air Kelapa

Bagian kelapa yang akan kita manfaatkan dalam artikel ini adalah air buahnya. Dalam air buah kelapa terkandung makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan kandungan makronutriennya berupa mineral dan vitamin. Mineral yang terkandung dalam air kelapa antara lain kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium, dan magnesium.

Untuk kandungan vitaminnya ada B3, B5, B6, dan vitamin C. Zat-zat ini dapat dimanfaatkan sebagai terapi dehidrasi dan keracunan. Dengan adanya kandungan vitamin dan mineral ini bermanfaat juga bagi kesehatan rambut dan menjadikan rambut tampak berkilau.

Manfaat Air Kelapa untuk Rambut

Rambut kering dapat disebabkan oleh beragam faktor, di antaranya adalah paparan sinar matahari, polusi dan kurang cairan. Nah, salah satu solusinya adalah dengan mengkonsumsi air kelapa. Kandungan vitamin C, glukosa dan kalium yang terkandung pada air kelapa dapat menjaga kelembaban rambut.

Untuk anda yang mengalami kerontokan pada rambut, cobalah mengatasinya dengan menggunakan air kelapa. Kandungan nutrisi air kelapa dapat menyehatkan dan menguatkan akar-akar rambut anda dan pada akhirnya mengurangi masalah rambut rontok.

Jika rambut anda merupakan tipe rambut keriting dan sulit diatur, anda dapat mengatasinya dengan air kelapa. Keramaslah seperti biasa dengan menggunakan shampo yang sesuai untuk rambut, kemudian bilas hingga bersih. Cuci rambut dengan air kelapa dan biarkan beberapa saat sebelum dikeringkan. Air kelapa ini dapat berfungsi sebagai kondisioner alami yang sangat baik untuk rambut keriting dan kasar.

Masker Rambut dari Air Kelapa

Bagi anda yang tak punya banyak waktu untuk perawatan di salon, dapat menggunakan air kelapa sebagai masker rambut sendiri di rumah. Caranya mudah, pertama cuci rambut dengan shampoo, lalu bilas dan cuci rambut dengan air kelapa, tutup dengan handuk hangat lalu diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan ritual ini seminggu sekali, rambut anda akan sehat berkilau.

Cara lain untuk menggunakan air kelapa sebagai masker rambut adalah dengan memanfaatkan kelapa muda hijau. Siapkan satu buah kelapa hijau yang masih muda. Lubangi bagian atas kelapa dan masukkan setengah sendok garam ke dalam batok kelapa melalui lubang tadi. Biarkan kelapa muda tersebut di luar rumah semalaman hingga mengembun di esok paginya. Gunakan air kelapa untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat-pijat. Masker rambut dari air kelapa muda hijau ini sangat baik untuk mengatasi rambut rontok.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *