Tips dan Cara Facial Sendiri di Rumah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi wanita, wajah adalah bagian yang sangat diperhatikan, tak jarang wanita rela meluangkan waktu dan merogoh kocek untuk urusan wajah. Dari wajah yang terawat akan terpancar aura yang bersinar, juga jangan lupa selalu hiasi wajah dengan senyuman. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan di rumah untuk merawat wajah? Tentu saja ada, berikut ulasannya.

Ritual bulanan wanita satu ini sangat familiar, yup, tak lain dan tak bukan adalah facial. Rasanya sudah menjadi kegiatan wajib satu bulan sekali untuk facial di tempat perawatan langganan anda.

Facial merupakan salah satu cara untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran-kotoran yang menempel baik karena riasan wajah, debu, atau lapisan kulit mati. Karena regenerasi kulit kita normalnya adalah 21 hari, maka tidak baik juga bila facial dilakukan terlalu sering.

Cara Facial Sendiri di Rumah

Ternyata ritual facial ini mudah sekali dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Syaratnya adalah pastikan peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih. Bila peralatan yang digunakan tidak bersih, bisa saja terjadi infeksi.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan, yaitu spons wajah, kapas, pembersih muka, pimple remover, masker, uap air panas., dan scrub wajah.

Peralatan yang diperlukan harus dalam keadaan steril, terutama untuk pimple remover karena alat ini akan kita gunakan untuk ekstraksi komedo yang ada di wajah. Cara mensterilkannya adalah dengan merebus pimple remover dalam air mendidih, lalu keringkan dan basahi dengan alkohol sebelum digunakan. Setelah bahan dan peralatan disiapkan, kita telah siap untuk memulai langkah facial di rumah.

Awali dengan membersihkan wajah dengan facial foam dilanjutkan dengan toner (ingat memakai toner jangan digosok, cukup ditepuk-tepuk saja ke wajah), setelah itu wajah diuap dengan uap air panas. Caranya adalah dengan mendekatkan wajah kita ke atas permukaan air panas, yang kita gunakan disini hanya uapnya saja.

Setelah diuap, wajah kita scrub dengan scrub wajah yang biasa digunakan. Untuk wajah berjerawat, setelah proses scrub ini dilakukan ekstraksi komedo menggunakan pimple remover yang telah disterilkan tadi. Cuci wajah setelah itu.

Lalu proses terakhir adalah memakai masker, gunakan masker yang cocok untuk jenis kulit anda, diamkan selama 15 menit lalu bilas. Ritual facial di rumah ini diakhiri dengan penggunaan krim anti iritasi.

Dengan rutin melakukan perawatan ini di rumah satu bulan sekali, wajah anda akan terlihat lebih bersih berkilau. Selain itu, dengan facial sendiri di rumah, berarti anda telah menghemat waktu dan uang karena tidak perlu lagi ke salon kecantikan untuk facial.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *