Ini Dia Menu Sarapan Terbaik

Loading...

Seperti yang kita ketahui, sarapan sangat disarankan setiap pagi, setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Ya, sarapan pagi bermanfaat untuk menjaga napsu makan, meningkatkan pembentukan otot serta memberi energi yang cukup untuk beraktivitas.

Terutama bagi Anda yang sedang berdiet, sarapan sebaiknya tidak dilewatkan karena dapat membantu tubuh Anda dalam proses metabolisme yang lebih baik sehingga dapat membakar lemak di tubuh Anda secara lebih maksimal.

Selain itu, dengan sarapan, perut kita akan terisi dan tidak mudah lapar hingga jam makan siang, porsi makan berikutnya yang lebih sedikit dan menghindari ngemil di siang hari.

Meskipun manfaat sarapan begitu besar bagi kesehatan tubuh, menu sarapan juga sangat penting untuk diperhatikan. Tidak semua menu makanan cocok untuk sarapan dan menu sarapan yang salah justru dapat berefek buruk bagi kesehatan.

Saat sarapan, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat, nutrisi dan berkabohidrat cukup untuk memberi energi dalam beraktivitas. Selain itu, sarapan yang tepat juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, vitamin B, protein dan serat.

READ:  Khasiat Minyak Zaitun dan Beragam Cara Penggunaannya

Apa saja jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk sarapan?

Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang juga memiliki setidaknya 13 nutrisi penting lainnya bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan dengan menu yang kaya protein dapat memberi rasa kenyang lebih lama dan baik untuk pembentukan otot.

Tak hanya protein, kuning telur kaya akan kandungan vitamin B kolin yang penting untuk kesehatan daya ingat dan lutein serta zeaxanthin yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Anda dapat mengonsumsi telur dengan cara direbus, dihidangkan dalam sandwich, roti panggang, maupun dengan sayur-sayuran.

Pisang

Buah yang lezat ini memang dikenal sebagai salah satu menu sarapan yang sehat. Memang tidak salah, buah pisang mengandung serat alami, vitamin C dan potasium. Kandungan nutrisi dalam pisang ini sangat baik untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam pisang juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Pisang dapat dimakan langsung, maupun dihidangkan dalam campuran susu dan sereal, bersama oatmeal, dalam bentuk smoothies, jus, dengan roti panggang dan lain sebagainya.

READ:  4 Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Yogurt

Seperti telur, yogurt juga merupakan jenis makanan yang kaya akan sumber protein. Selain itu, yogurt tanpa rasa atau plain yogurt kaya akan kalsium sehingga baik untuk tulang dan sekaligus menjaga proses pencernaan dengan baik.

Sebaiknya konsumsi yogurt tanpa rasa yang tidak manis untuk menjaga kandungan gula yang rendah saat sarapan.

Yogurt dapat dikonsumsi tanpa apapun, maupun dicampur dalam oatmeal dan buah-buahan.

Oatmeal

Tak asing lagi bila oatmeal menjadi menu sarapan yang sangat sehat dengan kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal juga dapat mencegah Anda cepat lapar dan baik untuk pencernaan.

Tak cukup sampai disitu, oatmeal terbuat dari gandum utuh sehingga bermanfaat untuk mencegah Anda terkena hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung serta diabetes. Kandungan lainnya dalam oatmeal seperti zat besi, magnesiun dan vitamin B kompleks membuat oatmeal sangat tepat untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Hidangkan oatmeal dengan mencampurnya bersama susu hangat, tambahkan buah-buahan untuk rasa yang lebih kaya, atau madu serta kacang-kacangan.

READ:  Tips Mengatasi Anak Sering Ngompol di Malam Hari

Hindari mengonsumsi oatmeal instan yang mengandung banyak gula.

Teh dan Kopi

Anda pencinta teh dan kopi? Berbahagialah karena kedua minuman ini sangat baik dikonsumsi saat sarapan. Meskipun konsumsi kopi secara berlebihan tidak dianjutkan, segelas kopi hangat tanpa gula dan creamer saat sarapan sangat dianjurkan.

Hal ini karena kopi kaya akan antioksidan sehingga dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

Begitu pula dengan teh, meminum teh saat sarapan secara rutin juga dapat menjaga kesehatan jantung dan sekaligus mencegah penuaan dini.

Nikmati teh maupun kopi saat sarapan (tanpa gula) bersama dengan menu makanan lainnya dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda.

**

Menu sarapan yang sangat baik di atas tentu tidak sulit untuk ditemukan. Imbangi menu sarapan Anda dengan asupan kalsium, protein dan serat yang tinggi untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat selama beraktivitas seharian. Semoga hari Anda menyenangkan!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *