Kulit Wajah Anda Kering? Ini Dia Tips untuk Mengatasinya

Loading...

Jenis kulit setiap orang tentu berbeda-beda. Di Indonesia yang beriklim tropis dan cukup lembab, banyak dari orang Indonesia berkulit cenderung normal, kombinasi maupun berminyak. Akan tetapi, tidak sedikit pula mereka yang memiliki kulit cenderung kering hingga sangat kering.

Karena keturunan, faktor lingkungan, asupan makanan, hingga faktor-faktor lainnya dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Terutama bagi Anda yang tinggal di tempat yang cukup dingin misalnya daerah pegunungan, maka kulit menjadi cendering kering.

Begitu pula Anda yang hampir setiap hari bekerja dan beraktivitas di dalam ruangan ber-AC, kulit pun biasanya menjadi kering.

Menggunakan produk perawatan kulit untuk kulit kering dalam menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit kering, namun ada beberapa tips yang lebih detil seperti berikut untuk mengatasi kulit kering.

Mencuci Muka Terlalu Sering

Mencuci muka memang perlu dilakukan untuk proses membersihkan wajah dari debu maupun riasan, akan teapi mencuci wajah terlalu sering juga dapat membuat kulit kering. Terlebih lagi, sebagian pembersih wajah memang berfungsi untuk membersihkan minyak dan debu dari kulit wajah.

READ:  Cara Menebalkan Bulu Mata Memakai Eye Liner

Cuci muka dua kali sehari di pagi hari dan di malam hari sebelum tidur. Gunakan juga produk sabun atau pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol dan yang bersifat melembabkan.

Jika setelah cuci muka dengan seuatu produk wajah Anda terasa seperti ditarik, maka sebaiknya ganti produk tersebut karena cenderung membuat kulit Anda kering.

Jangan lupa juga untuk segera menggunakan toner yang melembabkan setelah cuci muka.

Selalu Gunakan Moisturizer

Jika kulit Anda kering, maka pastikan untuk selalu menggunakan moisturizer sebelum beraktivitas dan sebelum tidur.

Pilih pelembab yang bersifat hydrating atau melembabkan sehingga wajah Anda senantiasa lembab.  Pelembab wajib digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering, agar terhindar dari efek kulit kering seperti keriput dini.

Gunakan Masker Wajah Lebih Sering

Berbagai jenis masker untuk wajah sebagian besar berfungsi untuk melembabkan wajah, terutama sheet mask dengan kandungan essence yang melimpah.

Masker ini juga biasa digunakan para wanita dari negara 4 musim yang udaranya cenderung kering.

READ:  Cara Alami Mengatasi Gigi Kuning

Gunakan masker secara rutin setidanya 2 hari sekali, diamkan sekitar 15 hingga 20 menit dan pijat sisa essence di wajah Anda dengan menyeluruh dan ‘kunci’ dengan pelembab agar wajah senantiasa terhidrasi.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat memakan masker yang memang diperuntukkan bagi kulit kering.

Perbanyak Minum Air Putih

Kulit yang kering biasanya juga menjadi tanda Anda kurang mengonsumsi air putih. Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk minum air putih dengan cukup setidaknya 2 liter per hari.

Terutama bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan ber-AC, tak jarang Anda malas minum air putih karena tidak merasa haus seperti ketika berada di luar ruangan dengan cuaca panas. Segera ubah kebiasaan Anda dan selalu sediakan air putih di dekat Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi di handphone Anda yang khusus untuk mengingatkan kapan saatnya minum air putih.

***

Itulah beberapa tips untuk mengatasi dan mengurangi kulit kering. Semoga bermanfaat!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *