7 Manfaat Menakjubkan Tomat untuk Kecantikan

Loading...

Siapa yang tak kenal tomat? Buah berwarna merah dengan daging buah yang banyak mengandung air ini sering kita temui dalam salad, pizza, dan makanan lainnya.

Tomat merupakan buah jenis berry yang awalnya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tomat sangat enak dan segar dimakan saat mentah maupun dimasak.

Tak hanya rasanya yang enak, tomat juga merupakan sumber makanan yang mengandung nutrisi tinggi seperti antioksidan, vitamin Clikopen, kalium, folat hingga vitamin K. Tingginya kandungan antioksidan pada tomat menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi sebagai asupan sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung maupun kanker.

Tomat dengan berbagai kandungan nutrisi dan vitaminnya ternyata tidak hanya baik untuk dikonsumsi, namun juga dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam perawatan kecantikan.

Berikut adalah 7 manfaat tomat untuk kecantikan dan tips bagaimana menggunakannya.

Melembabkan Kulit

Tomat dipercaya sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Hal ini juga terlihat dari banyaknya produk kecantikan mengandung tomat yang baik digunakan kulit normal hingga kering.

Anda dapat memanfaatkan tomat untuk pelembab kulit dengan cara membuat masker berbahan tomat. Haluskan satu buah tomat dan campur dengan buah alpukat yang juga dihaluskan. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

READ:  Teknik Dasar Make-Up Artist Korea

Gunakan 1 hingga 2 kali seminggu untuk hasil maksimal. Jangan lupa untuk melanjutkan rangkaian perawatan wajah Anda setelah menggunakan masker dari tomat.

Mengurangi Jerawat

Zat asam yang terkandung dalam tomat dipercaya cukup ampuh mengurangi jerawat dan memudarkan bekasnya. Caranya, haluskan buah tomat dan langsung oleskan pada daerah yang berjerawat atau bernoda gelap, biarkan selama 30 menit lalu cuci wajah.

Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali seminggu untuk melihat hasilnya.

Memperkecil Pori-pori

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berpori-pori besar, Anda dapat memanfaatkan tomat untuk mengecilkan pori-pori. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat jus tomat tanpa gula yang dihaluskan dengan beberapa tetes air lemon.

Celupkan kapas pada campuran ini dan aplikasikan pada wajah seperti menggunakan tomat. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin dan lanjutkan dengan produk perawatan wajah favorit Anda.

Mengatasi Kulit Berminyak

Tomat tidak hanya bermanfaat untuk Anda yang memiliki kulit normal dan cenderung kering, namun juga kulit kombinasi dan berminyak.

Kandungan vitamin A, C dan asam dalam tomat dalam membantu mengurangi kadar minyak dala kulit. Anda dapat melakukan cara yang sama seperti poin sebelumnya, yaitu menghaluskan tomat dan mengaplikasikannya pada wajah.

READ:  4 Cara Mengurangi Pemakaian Make Up

Membuat Kulit Glowing

Kulit wajah yang bersinar adalah impian semua wanita. Jika Anda ingin memiliki kulit yang tampak bersinar dan tidak kusam, campurkan jus tomat dengan madu hingga sedikit mengental.

Oleskan pada kulit wajah, biarkan sejenak lalu bilas hingga bersih.

Mengatasi Kulit Terbakar

Jika Anda berakvitias di bawah sinar matahari terlalu lama, maka kulit dapat terbakar dan terasa perih. Tomat dapat mengurangi rasa perih serta menyembuhkan kulit terbakar matahari.

Carasanya adalah mencampurkan tomat yang dihaluskan dengan yogurt plain, lalu oleskan pada kulit yang terbakar. Diamkan selama 20 menit lalu bilas. Cara ini akan membuat kulit yang terbakar terasa dingin dan nyaman.

Membuat Rambut Halus dan Berkilau

Tak hanya untuk kulit, tomat juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat rambut halus dan berkilau. Caranya adalah membuat kondisioner berbahan tomat. Haluskan tomat dan langsung oleskan pada rambut secara merata, biarkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

Jika rutin dilakukan, maka rambut Anda akan terasa lebih halus dan tampak berkilau.

***

Itulah beberapa manfaat buah tomat untuk kecantikan. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi tomat atau menggunakannya untuk bahan alami perawatan kecantikan Anda. Selamat mencoba.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *