Hilangkan Rasa Minder dengan 6 Tips Berikut

Loading...

Minder dikenal sebagai perasaan tidak percaya diri atau negatif terhadap diri sendiri. Sikap ini tentunya sangat berdampak pada kehidupan sosial seseorang, terlebih mereka yang sehari-hari beraktivitas dengan bertemu banyak orang.

Rasa minder sebenarnya cukup normal dirasakan setiap orang jika bersifat situasional, namun jika sikap tersebut bersifat menahun maka hal tersebut dapat dikatakan cukup kronis dan membutuhkan konsultasi lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa ciri rasa minder:

  1. Kesulitan dalam bergaul dan bersosialisasi
  2. Merasa kurang nyaman jika didekati seseorang untuk mengajak ngobrol
  3. Sulit memulai percakapan dengan orang lain
  4. Malu untuk mengutarakan pendapat
  5. Mudah demam panggung
  6. Rasa cemas jika berada dalam lingkungan baru
  7. Lebih memilih menyendiri
  8. Selalu mengingat kelemahan diri sendiri
  9. Mudah kecewa terhadap diri sendiri
  10. Sering melamun

Namun tidak perlu berkecil hati, rasa minder bukanlah hal yang salah dan sah-sah saja dirasakan. Hanya saja, terkadang rasa minder datang di saat dan tempat yang kurang tepat, dimana kita harus lebih percaya diri.

Bagi Anda yang cukup mudah merasa minder, berikut adalah beberapa tips dari kamu untuk tetap percaya diri.

Belajar untuk Menerima Diri Sendiri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun demikian, sebaiknya fokuskan diri Anda terhadap kelebihan yang Anda miliki dan berusaha untuk menjadikan kelebihan itu suatu hal yang dapat Anda banggakan.

READ:  6 Tips Memutihkan Kuku Secara Alami

Anda juga dapat berusaha untuk memperbaiki kekurangan Anda agar lebih baik, namun sebaiknya tetaplah berusaha untuk lebih menghargai kelebihan Anda.

Memperbaiki Penampilan

Penampilan memang bukanlah segalannya. Namun berpenampilan baik dapat menambah rasa percaya diri. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti berpakaian rapi dan bersih serta wangi. Jika perlu, ubah potongan rambut Anda agar terlihat lebih segar.

Menjaga penampilan seperti menghargai diri sendiri dan di situlah awal dari rasa percaya diri.

Manjakan Diri Anda

Banyak orang yang merasa minder karena kurangnya penghargaan terhadap dirinya sendiri. Memanjakan diri sendiri adalah salah satu cara untuk menambah rasa percaya diri.

Di waktu senggang, pergilah berbelanja, merawat diri, membeli barang-barang untuk hobi Anda hingga traveling untuk menyenangkan diri Anda sendiri.

Berteman dengan Orang-orang yang Mendukung Anda

Rasa minder dapat timbul karena lingkungan sekitar Anda yang tidak mendukung Anda atau bahkan menekan Anda sehingga Anda merasa tidak percaya diri.

Berada dalam lingkungan sosial yang sehat sangatlah penting untuk menambah rasa percaya diri Anda. Begitu pula dalam mencari teman, carilah orang-orang yang memiliki sikap suka mendukung dan bukannya menjatuhkan Anda.

READ:  Cara Merias Wajah Agar Terlihat Natural

Nyaman dengan Diri Sendiri

Banyak orang menjadi percaya diri karena lebih bisa merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Hal ini juga dapat membantu menghilangkan rasa minder pada diri Anda.

Belajarlah untuk menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri, serta menantang diri Anda untuk lebih berkembang. Oleh sebab itu, jangan tergesa-gesa menolak peluang baru yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan.

Ketahuilah bahwa semua hal ada awalnya dan jika sering dilakukan maka Anda akan terbiasa terhadap hal tersebut.

Meningkatkan Kemampuan Anda

Dalam lingkungan bekerja, kemampuan menjadi sangat penting untuk mendukung karir Anda. Jika Anda merasa minder karena kemampuan Anda mungkin belum sebagus rekan kerja lainnya, Anda dapat berusaha untuk meningkatkan kemampuan Anda dengan mengikuti kursus, otodidak maupun berlajar dari rekan kerja yang lebih berpengalaman.

***

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa minder. Hal utama yang dapat Anda lakukan adalah dengan lebih menghargai diri Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *