Dampak Akibat Makan Beras Mentah

Loading...

Makan beras mentahMakan beras mentah menjadi fenomena menarik untuk dibahas kali ini. Karena aktivitas seperti ini kerap kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan makan beras mentah yang sering di lakukan oleh ibu hamil sudah sejak lama, namun fenomena lain yang muncul ketika anak atau bocah yang masih berumur 3 tahun juga  doyan dengan beras mentah seperti yang dilansir beberapa media cetak dan elektronik baru-baru ini. Entah hal ini terjadi akibat kebiasaan ibunya ngemil beras mentah ketika bocah ini masih dalam kandungan atau tidak.

Dampak langsung akibat makan beras mentah bagi kesehatan hingga saat ini belum di ketahui secara pasti.  Hal ini masih dalam penyelidikan kami sebagai ahli medis.

Kebiasaan makan beras mentah jika ditinjau dari segi kesehatan tentu mempunyai efek buruk bagi kesehatan baik itu secara langsung   maupun dalam jangka panjang.

Dampak langsung bagi kesehatan akibat makan beras mentah dapat mengakibatkan:

  • Dapat menimbulkan sakit perut dan diare diakibatkan oleh beras yang mungkin saja tidak bersih atau sudah terkontaminasi dengan bakteri atau virus.
  • Dapat menimbulkan penyakit maag dan beberapa penyakit usus lainnya akibat ketidak mampuan atau lambannya usus saat mencerna beras ini.
  • Dapat menyebabkan cacingan karena kemungkinan  beras yang dimakan tersebut telah terkontaminasi dengan telur-telur cacing yang kasat mata.
  • Dapat menyebabkan kerusakan gigi secara permanen karena masuknya butiran halus beras disela-sela gigi apalagi jika ngemil beras mentah dilakukan menjelang tidur.
READ:  Injeksi Saline dalam Pembesaran Payudara

Dampak tidak langsung akibat makan beras mentah bagi kesehatan seperti:

  • Dapat mengakibatkan tubuh kekurangan karbohidrat karena lambannya proses pencernaan untuk mencerna beras dalam perut jika di bandingkan dengan mengkonsumsi beras yang telah di masak.
  • Dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan penyakit kanker akibat  pestisida yang digunakan petani saat menanam padi masih terdapat pada beras tersebut
  • Dll.

Sebagai saran DokterCantik.com, semua jenis makanan ataupun minuman yang akan Anda konsumsi sebaiknya dicuci hingga bersih terlebih dahulu kemudian dimasak untuk menjaga kemungkinan adanya bakteri atau virus yang dapat merusak kesehatan. Jika memungkinkan, hindari makan beras mentah. Menjaga dan mencegah timbulnya suatu penyakit jauh lebih  baik dari pada mengobatinya.

Selamat menjaga kesehatan Anda!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...


Loading...

KOMENTAR PEMBACA

  1. Rasanya pengen d hipnotis biar ga bs lg makan beras, abisaaan.. Ga bs ngilanginnya.. Perut gendut apa gara2 cacingan gt? Tp badan jg rasanya jd gendut jg sih.. Efaknya bukan yaaaah??

    1. sama bun ak juga menyusui sering ngemil beras, apakah ASI bunda lancar kalau ngemil beras sama berat debay giman bun apa mengalamai penurunan berat badan?

  2. Ya ampun kirain cuma saya didunia ini yg suka ama beras mentah…haduh liburan aja ampe rela cari2 beras di warung…susah banget ngilangin kebiasaan ini, bantu dong Dok gimana cara ngilangin nya..Tq

  3. Swktu saya hamil muda suka makan beras hingga hamil tua skrg makin suka Bgt makan beras ,, bahaya gk doc buat janin saya ni ??skrg hamil msuk 9 bulan tiap hri hrus makan beras … Makasih 🙂

  4. Memakan beras mentah udah hobi saya ,, bahkan setiap hari saya makan beras mentah ,,setelah makan ,saya sering makan beras mentah , apakah efek samping makan beras mentah ,?? Apakah akan menimbulkan keputihan?? Setiap kali saya makan beras mentah selalu mengeluarkan lendir2 putih dari organ kewanitaan saya ?? Bagaimana mengawasi nya dok?

    1. Aku juga hampir sama .. Tiap hari makan beras mentah klo gak makan beras mentah rasanya gak bisa ..
      Pengen bgt bisa brhnti dr kebiasaan ini tp susah dan gak pernah bisa ..

  5. memakan beras mentah sudah menjadi hobi saya, tiap hari saya makan beras mentah bahkan seharian saya memakannya dan saya sangat suka dengan beras merah. bagaimana caranya agar saya dapat mengurangi bahkan berhenti mengkonsumsi beras mentah?! mohon jawabannya dok. terimakasih sebelumnya.

  6. apakah memakan beras mentah bisa menimbulkan keputihan yang lebih banyak dan sering ??? dan apakah itu menjadi sebuah penyakit ????

  7. Ibu saya sering memakan beras mentah .. kami sudah melarang tetapi dia tidak mahu mendengar .. bagaimanakah untuk melarang ibu saya itu

  8. Ibu saya sering memakan beras mentah .. kami sudah melarang tetapi dia tidak mahu mendengar .. bagaimanakah untuk melarang ibu saya itu

  9. Ibu saya sering memakan beras mentah .. kami sudah melarang tetapi dia tidak mahu mendengar .. bagaimanakah untuk melarang ibu saya itu

  10. Ibu saya sering memakan beras mentah .. kami sudah melarang tetapi dia tidak mahu mendengar .. bagaimanakah untuk melarang ibu saya itu

  11. misalkan abis makan beras mentah nih ya dok, sebulan kemudian timbul bintik bintik putih diwajah. itu bisa dihilangkan gak dok? khususnya didaerah bawah mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *